HOME
Home » Keuangan » Risiko Deposito dicairkan sebelum jatuh tempo

Risiko Deposito dicairkan sebelum jatuh tempo

Posted at October 28th, 2019 | Categorised in Keuangan

Jurnal Indonesia – Biasanya nasabah akan mengambil dana yang telah diinvestasikan sebelum jatuh tempo. Hal tersebut bisa saja terjadi dikarenakan situasi yang mendesak, atau adanya keperluan lainnya. Ada beberapa orang yang memang sudah mengetahui akibat mengambil dana sebelum jatuh tempo akan tetapi ada beberapa orang juga yang belum memahaminya sehingga dianggap biasa-biasa saja.

Apa sih resiko deposito dicairkan sebelum jatuh tempo?

Berikut ini adalah beberapa risiko yang bisa terjadi apabila deposito dicairkan sebelum jatuh tempo.

Risiko Deposito dicairkan sebelum jatuh tempo

Biaya pinalti atau denda

Nasabah yang melakukan penarikan dana sebelum jatuh tempo juga akan mengalami risiko ini. nasabah akan dikenaran denda karena telah mengambil dana yang sudah diinvestasikan sebelum jatuhnya masa waktu yang ditentukan.

Denda yang diberikan biasanya sekitar 0,5 sampai 3 % dan juga denda yang dilakukan bisa saja dengan cara memotong biaya atau nilai pokok nasabah atu dengan cara memotong pendapatan bunga yang dimiliki oleh nasabah. Hal tersebut juga tergantung peraturan yang sudah ada di setiap bank. Karena denda yang diberikan akan berbeda-beda.

Nilai bunga rendah

Apabila bunga yang diberikan awalnya sangat tinggi bisa jadi berubah menjadi rendah. Hal terbut dikarenakan nasabah menarik dana invetasi sebelum jatuh tempo. Beberapa bank memang ada yang menerapkan sistem ini tetapi ada juga yang lebih parah yaitu bisa saja bunga yang diberikan dicabut dan tidak diberikan sama sekali. Mengenai tersebut, tergantung peraturan pihak bank yang sudah berlaku.

Bunga

Pada bank-bank konvensional yang kebanyakan memang menggunakan sistem bunga untuk para nasabahnya yang menggunkan sistem deposito. Bunga tersebut biasanya bisa dicairkan dalam bentuk uang kepada nasabah dengan mengambil di rekening yang sudah didaftarkan.

Hal tersebut bisa saja tidak terjadi dikarenakan nasabah sudah mengambil deposito atau dana yang sudah diinvestasikan sebelum jatuh tempo. Hal tersebut menyebabkan nasabah tidak akan mendapatkan bunga yang awalnya sudah ada. Biasanya hal ini memang diterapkan di banyak bank konvensional apabila terjadinya nasabah yang mengambil dana sebelum jatuh tempo maka bunga tidak akan dicairkan dan bahkan akan langsung seketika lenyap.

Boros

Risiko yang kedua adalah pemborosan. Seseorang yang melakukan deposito memang cenderung agar dana yang diinvestasikan tidak dihambur-hamburkan dalam jangka waktu yang sebentar karena pengambilan dana di bank-bank konvensional haruslah menunggu terlebih dahulu jatuh tempo.

Biasanya jika bukan karena hal-hal yang mendesak saja bisa jadi seorang nasabah mengambil uang sebelum jatuh tempo dikarenakan ingin membeli sesuatu yang lain seperti rumah, mobil, perhiasan dan lain sebagainya.

Hal tersebut juga bisa menimbulkan risiko penghamburan uang sehingga menjadikan nasabah menjadi lebih boros dan tidak hemat. Selain itu, membuat tabungan atau investasi nasabah menjadi berkurang sehingga tidak bisa lebih digunakan untuk jangka panjang.

Sebaiknya sebelum melakukan penarikan dan belum tiba tempo penarikan uang maka terlebih dahulu benar-benar dipikirkan apakah ingin mengambil atau tidak karena bisa saja menyebabkan risiko-risiko yang ada di atas.

Seorang nasabah memang harus terlebih dahulu mengetahui risiko-risiko yang bisa saja dihadapi pada saat pengambilan dana yang tidak sesuai karena mengakibatkan denda, bunga yang ditpotong atau risiko lainnya. Nasabah harus terlebih dahulu mempertimbangkan apakah keperluan sangat mendesak sehingga sangat dibutuhkan uang atau hanya sakadar keinginan pribadi semata untuk berfoya-foya.

Apabila menginginkan mengambil dana sebeum jatuh tempi untuk menghambur-hamburkan uang sebaiknya jangan dilakuakn karena selain mendapatkan risiko-risiko di atas uang yang ada di penyimpana akan menipis.

Jadi benar-benar harus dipikirkan sebelum mengambil uang pada saat belum tiba tempo. Itulah beberapa risiko yang mungkin didapatkan oleh nasabah yang mengambil deposito sebelum tiba masa temponya. Semoga bermanfaat.

No comment for Risiko Deposito dicairkan sebelum jatuh tempo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Risiko Deposito dicairkan sebelum jatuh tempo

Cara Mendapatkan dan Memperpanjang Sertifikat Elektronik Pajak

Posted at November 2, 2019

Jurnal Indonesia – Sertifikat Elektronik Pajak adalah salah satu jenis sertifikat yang memuat tanda tangan dan identitas elektronik yang sah untuk menunjukan status hukum... Read More

Apakah Deposito Dikenakan Pajak Bunga?

Posted at October 31, 2019

Jurnal Indonesia – Melakukan deposito memang akan dikenakan bunga. Bunga pada deposito memang lebih tinggi daripada bunga-bunga lainnya akan tetapi bunga pada deposito lebih... Read More

Cara Daftar, Aktivasi dan Menggunakan BRI Mobile

Posted at October 30, 2019

Jurnal Indonesia – Semakin berkembang nya jaman, semakin canggih pula teknologi yang di kembangkan. Sekarang semua bisa kamu lakukan hanya dari genggaman tangan. Mulai... Read More

Cara Mempersiapkan Dana Pengeluaran Darurat Dan Investasi

Posted at October 29, 2019

Jurnal Indonesia – Sebenarnya kita bebas untuk menggunakan uang tabungan sebagai dana pengeluaran darurat atau malah memisahkan sendiri antara uang tabungan dengan uang yang... Read More

Cara Membuat Rekening Bank Secara Online

Posted at October 28, 2019

Jurnal Indonesia – Perkembangan zaman dengan berbagai kecanggihan teknologi nya bertujuan untuk memudahkan semua urusan umat manusia. Siapa sangka, di jaman sekarang, apakah bisa... Read More

"Kabarin News - Berita Terkini Indonesia

Disclaimer - Privacy Policy - Terms of Service - Contact Us