HOME
Home » Asuransi » Prinsip Dasar Asuransi Kendaraan yang Harus Anda Tahu

Prinsip Dasar Asuransi Kendaraan yang Harus Anda Tahu

Posted at October 18th, 2019 | Categorised in Asuransi

Jurnal Indonesia – Produk asuransi memang ada banyak macamnya. Asuransi sendiri merupakan salah satu produk perlindungan dan manajemen resiko yang disiapkan untuk meminimalisir tingkat resiko atas kehidupan kita.

Produk – produk asuransi yang dikeluarkan untuk memberikan perlindungan juga ada banyak macamnya. Salah satunya adalah produk asuransi kendaraan yang juga kini banyak digunakan oleh pemilik kendaraan termasuk pemilik usaha rent car yang tidak ingin terjadi sesuatu dengan kendaraannya.

Sebenarnya apapun jenis asuransi tersebut termasuk asuransi kendaraan, memiliki beberapa prinsip. Lantas apa saja prinsip dasar asuransi kendaraan tersebut?

Prinsip Dasar Asuransi Kendaraan yang Anda Harus Tahu

Insurable interest

Insurable interest berarti bahwa agar pihak tertanggung akan dapat membeli polis asuransi dan dia harus punya kepemilikan atau kepentingan keuangan dalam apapun yang ingin dia asuransikan. Prinsip ini juga ditujukan untuk menjaga agar orang yang membeli polis asuransi tidak melakukan klaim atas sesuatu yang tidak mereka miliki atau tidak secara langsung berpengaruh atas mereka. Dan misalkan Anda tidak dapat membeli polis asuransi atas Candi Borobudur kecuali Anda punya pemilikan atau mengalami kerugian secara fisik atau finansial akibat struktur candi Anda.

Indemnity

Indemnity atau ganti rugi ini didefinisikan sebagai kompensasi seseorang atas kerugian yang tengah ia derita. Ganti rugi didalam asuransi sendiri berarti bahwa suatu polis telah melindungi Anda dari kerugian yang terjadi atas sesuatu yang telah diasuransikan. Misalkan asuransi mobil. Jika memang seseorang mengalami kecelakaan mobil maka dia akan mendapatkan kompensasi atas kerugian akibat kecelakaan mobil tersebut.

Uberrimae Fidei

Uberrimae Fidei sendiri berarti itikad baik. Dan berarti bahwa perusahaan asuransi akan bergantung pada pihak tertanggung untuk bisa mengungkapkan informasi yang relevan tentang dirinya atau atas apa yang tengah ia asuransikan. Dan jika ingin mendapatkan asuransi kesehatan, nantinya itikad baik berarti bahwa Anda harus mengungkapkan kondisi kesehatan yang sebenarnya termasuk juga dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya.

Subrogation

Subrogation sendiri berarti adalah hak suatu perusahaan asuransi untuk mengambil tindakan atas pihak – pihak yang mungkin sudah menyebabkan klaim atas asuransi yang ada. Sebagai contoh kalau seseorang terlibat dalam kondisi kecelakaan mobil yang bukan disebabkan oleh orang tersebut maka nantinya perusahaan asuransi memiliki hak untuk bisa mendapatkan ganti rugi dari orang yang menyebabkan kecelakaan atau perusahaan asuransinya. Hal ini juga sangat memungkinkan untuk perusahaan asuransi membayar kerugian akibat klaim yang bukan merupakan tanggung jawab pihak tertanggung.

Contingency insurance

Contingency insurance sendiri pada dasarnya merupakan polis atas skenario yang paling buruk. Misalkan jika Anda akan melakukan ekspor barang pada pembeli di negara lain. Dan saat barang didalam kondisi rusak atau bahkan hilang ketika diterima oleh pembeli dan jika pembeli menolak untuk menerima pengiriman maka Anda akan bisa mengajukan klaim melalui contingency policy Anda nantinya.

Proximate cause

Proximate cause pada dasarnya merupakan asuransi yang akan mengganti kerugian yang pada jenis asuransi lain tidak akan diganti. Misalkan sebagai contoh, Anda bisa asumsikan bahwa truk yang membawa tiga ton baju koko untuk persiapan lebaran mengalami kecelakaan.

Kecelakaan tidak parah dan barang juga tidak mengalami kerusakan. Akan tetapi kecelakaan yang terjadi menyebabkan mereka tiba seminggu setelah lebaran sehingga kondisi ini akan membuat pengecer jadi rugi. Karena barang tidak rusak ketika sampai di pengecer maka klaim tidak bisa diajukan atas jenis polis standar.

Bagi Anda yang ingin tahu tentang seluk beluk asuransi kendaraan, itulah sedikit informasi untuk Anda tentang Prinsip Dasar Asuransi Kendaraan yang Anda Harus Tahu. Semoga bermanfaat.

No comment for Prinsip Dasar Asuransi Kendaraan yang Harus Anda Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Prinsip Dasar Asuransi Kendaraan yang Harus Anda Tahu

Jenis Asuransi Jiwa Untuk Karyawan Ini Harus Anda Tahu

Posted at November 5, 2019

Jurnal Indonesia – Asuransi jiwa memang menjadi salah satu bentuk perlindungan atas seseorang dari kerugian finansial tak terduga akibat kematian, usia tidak produktif atau... Read More

Daftar Deposito Bank Terbaik di Indonesia

Posted at November 1, 2019

Jurnal Indonesia – Berikut ini adalah beberapa daftar deposito bank terbaik yang ada di Indonesia: Daftar Deposito Bank Terbaik di Indonesia Permata Bank Permata... Read More

Ketentuan Asuransi Dana Pensiun 1 Milyar yang Bisa Anda Coba

Posted at October 23, 2019

“Apakah masa depan saya masih panjang?” “Apakah masa depan perlu dipersiapkan?”, “Ah, saya kan sudah punya bisnis buat masa depan” Jurnal Inonesia – Banyak... Read More

Cara Menabung Untuk PNS

Posted at October 21, 2019

Jurnal Indonesia – Menyandang status sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil atau biasa disingkat dengan PNS bukan berarti menjadikan kita untuk tidak memiliki tabungan atau... Read More

Mengenal Jenis Asuransi Kendaraan yang Bisa Dimanfaatkan

Posted at October 21, 2019

Jurnal Indonesia – Asuransi memang menjadi salah satu produk perlindungan terbaik saat ini yang paling banyak digunakan. Saking potensialnya asuransi di Indonesia sendiri sudah... Read More

"Kabarin News - Berita Terkini Indonesia

Disclaimer - Privacy Policy - Terms of Service - Contact Us