HOME
Home » Bisnis » Keuangan » Perhitungan Lengkap PPN dan PPh Pajak Iklan

Perhitungan Lengkap PPN dan PPh Pajak Iklan

Posted at October 22nd, 2019 | Categorised in Bisnis, Keuangan

Jurnal Indonesia – Apakah Anda berniat untuk memasang iklan namun bingung ketika dihadapkan harus menghitung pajak iklan? Atau Anda malah baru tahu bahwa ada yang namanya pajak iklan dan tak tahu bagaimana cara menghitungnya? Kami akan membagikan perhitungan lengkap tentang PPN dan PPh pajak iklan.

Iklan merupakan salah satu media promosi yang banyak digunakan untuk memancing target market suatu produk atau bisnis. Perusahaan, bisnis, atau produk jasa maupun barang yang ingin memasang iklan harus tahu bahwa pemasangan iklan di Indonesia ternyata dikenai pajak.

Mengenal Pajak Iklan

Media apa saja yang bisa digunakan oleh pebisnis dan pengusaha atau perusahaan untuk beriklan? Ini dia daftarnya:

  1. Media iklan elektronik seperti TV, internet, radio, bioskop
  2. Media iklan cetak seperti buku, majalah, koran, tabloid
  3. Media iklan gedung seperti reklame, billboard, poster
  4. Media sosial seperti instagram, facebook, twitter
  5. Media lain seperti kalender, katalog, brosur

Dari media-media tersebut diatas, masing-masing mempunyai cara pengenaan pajak tersendiri. Untuk menghitungnya sebelumnya Anda harus tahu tentang jenis pajak iklan.

Jenis pajak iklan di Indonesia

Arif Yanuar, selaku Direktur Perpajakan I DJP (Direktorat Jenderal Pajak) Indonesia menyatakan bahwa penyelenggara iklan dikenakan Pajak Pertambahan Nilai PPN serta Pajak Penghasilan PPh. Jasa iklan sendiri terbagi menjadi dua yaitu besifat iklan dan tidak bersifat iklan. Sifat jasa iklan ini penting diketahui untuk Perhitungan Lengkap PPN dan PPh Pajak Iklan.

Pajak iklan PPN

Pajak iklan PPN diatur dalam Undang-Undang PPN pasal 4a ayat 2 huru I dan diperjelas dalam Peraturan MENKEU no 155/PMK/03/2012. Ketentuan pajak iklan adalah

Jasa penyiaran yang bersifat iklan

Jasa penyiaran yang bersifat iklan dan bertujuan komersil akan dikenai PPN sebesar 10%.

Cara menghitungnya:

10 % x Dasar Pengenaan Pajak (DPP)

Contohnya: PT Cipta Karya (sudah terdaftar sebagai perusahaan kena pajak)  memasang iklan di saluran TV dengan nilai Rp. 800.000.000. Perhitungan PPN untuk iklan berarti:

10% x Rp. 800.000.000 = Rp. 80.000.000

Jasa penyiaran yang tidak bersifat iklan

Penyiaran yang tidak bersifat iklan dan tidak ada biaya sponsor untuk tujuan komersil berarti tidak ada potongan PPN, atau bebas PPN. PPN akan dikenakan untuk kegiatan produksi iklannya, bukan kegiatan penyiarannya.

Pajak Iklan PPh

Pajak iklan PPh ini berlaku dalam jasa pembuatan sarana promosi oleh perusahaan iklan atau biasa disebut PH, transaksi pemasang iklan ke perusahaan pengiklan, atau transaksi perusahaan iklan ke media iklan. Tarifnya menggunakan dasar tarif PPh pasal 23 sebesar 2% dari jumlah bruto (tidak termasuk pajak PPN). Jika tidak memiliki NPWP maka tarif bisa lebih tinggi 100%.

Contohnya: PT Cipta Karya sudah memiliki NWP merupakan sebuah perusahaan pembuat iklan yang mendapatkan proyek pembuatan video iklan sebesar Rp. 500.000.000.

Perhitungan PPh iklan jika dalam angka bruto tersebut belum termasuk PPN adalah:

PPh Pasal 23 = 2% x Rp. 500.000.000 = Rp. 10.000.000

Sementara perhitungan PPh iklan jika angak sudah termasuk PPN.

DPP PPN = 100 / 110 x Rp. 500.000.000 = Rp. 454.545.454

PPh Pasal 23 = 2 % x Rp 454.545.454 = Rp. 9.090.909

Pajak Reklame dengan perhitungan pajak daerah.

Jika Anda memasang reklame atau iklan outdoor di daerah. Anda akan dikenai pajak dan retribusi daerah sebesar 25 %.

Itulah ketiga jenis pajak iklan yang penting untuk anda pahami dan perhitungkan sebelum memutuskan untuk memasang iklan dan mempromosikan produk Anda.

No comment for Perhitungan Lengkap PPN dan PPh Pajak Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Perhitungan Lengkap PPN dan PPh Pajak Iklan

Cara Mendapatkan dan Memperpanjang Sertifikat Elektronik Pajak

Posted at November 2, 2019

Jurnal Indonesia – Sertifikat Elektronik Pajak adalah salah satu jenis sertifikat yang memuat tanda tangan dan identitas elektronik yang sah untuk menunjukan status hukum... Read More

Apakah Deposito Dikenakan Pajak Bunga?

Posted at October 31, 2019

Jurnal Indonesia – Melakukan deposito memang akan dikenakan bunga. Bunga pada deposito memang lebih tinggi daripada bunga-bunga lainnya akan tetapi bunga pada deposito lebih... Read More

Cara Daftar, Aktivasi dan Menggunakan BRI Mobile

Posted at October 30, 2019

Jurnal Indonesia – Semakin berkembang nya jaman, semakin canggih pula teknologi yang di kembangkan. Sekarang semua bisa kamu lakukan hanya dari genggaman tangan. Mulai... Read More

Cara Mempersiapkan Dana Pengeluaran Darurat Dan Investasi

Posted at October 29, 2019

Jurnal Indonesia – Sebenarnya kita bebas untuk menggunakan uang tabungan sebagai dana pengeluaran darurat atau malah memisahkan sendiri antara uang tabungan dengan uang yang... Read More

Cara Membuat Rekening Bank Secara Online

Posted at October 28, 2019

Jurnal Indonesia – Perkembangan zaman dengan berbagai kecanggihan teknologi nya bertujuan untuk memudahkan semua urusan umat manusia. Siapa sangka, di jaman sekarang, apakah bisa... Read More

"Kabarin News - Berita Terkini Indonesia

Disclaimer - Privacy Policy - Terms of Service - Contact Us