HOME
Home » Bisnis » Penjelasan dan Cara Membuat Bisnis Plan

Penjelasan dan Cara Membuat Bisnis Plan

Posted at October 14th, 2019 | Categorised in Bisnis

Jurnal Indonesia – ketika ingin membuat suatu bisnis, setiap calon pembisnis harus mengerti penjelasan dan cara membuat bisnis plan yang matang dan serius.

Siapa sih yang tidak ingin memulai bisnis secara mandiri? Terlebih lagi ketika melakukan bisnis mempunyai keuntungan yang tidak ada habisnya. Dengan catatan, kamu dapat mengelolanya dengan baik dan tepat. Dan dalam berbisnis dituntut untuk kreatif dan mandiri, dan dapat melakukan suatu kebijaksanaan yang tepat dalam memutuskan suatu planning/rencana.

Dalam hal ini, kita akan membahas tentang apa itu bisnis plan? Dan bagaimana cara menjalankannya? Bisnis plan sendiri ialah gambaran rencana yang akan dibuat untuk memulai menjalankan usaha. Bisnis plan memiliki aspek latar belakang usaha, bentuk produk, rencana pemasaran, visi, misi dan yang lainnya.

Tidak sedikit orang yang sangat menyepelekan dokumen tentang ini dan langsung saja melakukan usaha. Tidak masalah sebenarnya, asalkan pikiran mereka sudah merencanakan aspek penting yang dibutuhkan.

Hal tersulit yang mungkin mereka temui adalah menjelaskan prospek bisnis kepada para investor. Biasanya para investor meminta sebuah dokumen sebagai bentuk penjelasan apakah nantinya usaha akan berjalan baik dan benar.

Untuk mengetahui bagaimana Bisnis Plan ini berjalan baik, saya sarankan anda membaca cara-cara yang akan saya jelaskan mengenai pembuatan Bisnis Plan dengan benar dan tepat.

CARA MEMBUAT BISNIS PLAN

Ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan bagi para pimpinan pada saat merumuskan bisnis plan ini, berikut ini penjelasannya:

1.Rumuskan Tujuan Bisnis Anda

Pada cara ini sangatlah penting karena anda mencoba menjelaskan sebuah tujuan. Apakah akan sesuai target? Ataukah tujuannya membuat profit yang besar?  Atau untuk sebagainya.

Untuk mengingat cita-cita perusahaan, baiknya terapkan vsi misi agar pelaksanaan Bisnis plan ini berjalan dengan lancar sesuai dengan komitmen visi misi perusahaan yang dibangun.

2.Buat Rencana Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran pada umumnya sudah lumrah pada kalangan pembisnis. Strategi pemasaran adalah suatu cara dalam memasarkan produk.

Sebelum melakukan tahapan pemasaran produk, pembisnis harus tau dimana peluang orang yang berkemungkinan membeli produknya. Contohnya siomay, maka harus tahu dimana tempat yang cocok dengan makanan ringan dan jajanan.

Lalu bagaimana dengan penyajian siomaynya? Apakah akan ditambahkan toping pangsit atau yang lain? Atau mungkin akan dijual secara online?  Atau langsung terjun kelapangan dan memasarkannya? Atau mungkin dengan foto, video?  Kemudian tentukan waktu yang tepat untuk mengiklankannya. Dan mungkin tambahkan promo menarik seperti beli dua dapat satu atau sebagainya. Setiap orang akan melakukan tugas dibagian masing-masing agar fokus dalam satu hal.

Pembagian-pembagian ini akan menunjukan bahwa bisnis yang dijalankan benar-benar dipersiapkan dengan matang. Pembagian tugas akan berjalan stabil dengan adanya rasa tanggungjawab.

3.Tentukan Target Pemasaran

Jika produk sudah siap untuk dijual, maka target akan pembeli bisa ditemukan, misal, siomay kering dan siomay basah.

Target pemasaran bisa dari kalangan orang tua, orang dewasa, dan anak-anak. Semua aspek jangkauan juga harus diimbangi dengan produk yang baik serta pelengkap produk yang baik pula.

Sebagai contohnya, untuk siomay bisa dibuat dengan berbagai macam bentuk, misal bentuk pangsit dan sebagainya.

4.Buat Deskripsi  Produk

Selanjutnya yang perlu disiapkan adalah membuat deskripsi produk. Penjelasan mengenai bagaimana bentuknya produk.

Jika produk itu makanan, maka harus dijelaskan bahan utama, ukuran kemasan, varian rasa. Dan juga cantumkan kelebihan dan kekurangan produk. Selain itu, berikan solusi misalnya makanan diberikan bungkus yang kedap udara, dan kemasan steril tertutup rapat dan sebagainya. Hampir setiap produk pasti memiliki kelemahan, untuk itu jangan ragu menyebutkan kelemahan produk namun perlu berikan solusi yang baik.

Sekian cara-cara membuat bisnis plan, semoga bermanfaat untuk anda yang sedang ingin berbisnis. Semoga berhasil!

No comment for Penjelasan dan Cara Membuat Bisnis Plan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Penjelasan dan Cara Membuat Bisnis Plan

Cara Mendapatkan dan Memperpanjang Sertifikat Elektronik Pajak

Posted at November 2, 2019

Jurnal Indonesia – Sertifikat Elektronik Pajak adalah salah satu jenis sertifikat yang memuat tanda tangan dan identitas elektronik yang sah untuk menunjukan status hukum... Read More

Cara Daftar, Aktivasi dan Menggunakan BRI Mobile

Posted at October 30, 2019

Jurnal Indonesia – Semakin berkembang nya jaman, semakin canggih pula teknologi yang di kembangkan. Sekarang semua bisa kamu lakukan hanya dari genggaman tangan. Mulai... Read More

Cara Membuat Rekening Bank Secara Online

Posted at October 28, 2019

Jurnal Indonesia – Perkembangan zaman dengan berbagai kecanggihan teknologi nya bertujuan untuk memudahkan semua urusan umat manusia. Siapa sangka, di jaman sekarang, apakah bisa... Read More

Langkah-langkah Memulai Bisnis Kuliner

Posted at October 26, 2019

Jurnal Indonesia – Apakah Anda ingin berbisnis kuliner? Maka Anda harus memperhatikan langkah-langkah memulai bisnis kuliner dengan baik dan benar agar bisa sukses. Bisnis... Read More

Cara Daftar dan Aktivasi Layanan Internet Banking BNI

Posted at October 24, 2019

Jurnal Indonesia – Di jaman sekarang, hampir semua bank menyediakan layanan mobile banking atau internet banking. Dan kedua layanan tersebut memang banyak digunakan orang... Read More

"Kabarin News - Berita Terkini Indonesia

Disclaimer - Privacy Policy - Terms of Service - Contact Us