HOME
Home » Asuransi » Keuntungan dan Kelemahan Deposito

Keuntungan dan Kelemahan Deposito

Posted at October 18th, 2019 | Categorised in Asuransi

Jurnal Indonesia – Deposito memang merupakan sarana investasi yang banyak dipilih orang. deposito sendiri adalah salah satu cara untuk menyimpan deposito. Biasanya deposito memang berada pada layanan-layanan bank. Pada era yang sudah canggih ini, deposito sudah luas dan bisa dengan mudah diakses di mana saja dan kapan saja.

Seperti deposito-deposito yang berada di aplikasi-aplikasi online. Bagi para pemula yang masih bingung menyimpan barang isvestasi melalui cara seperti apa, bisa mencoba melalui deposito. Sebelum menyimpan menggunakan deposito alangkah lebih bak mengetahui kelebihan serta kelemahan deposito agar pengguna bisa memiliki pengetahuan yang lebih untuk mencegah risiko-risiko yang ada. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan kelemahan deposito.

Keuntungan dan Kelemahan Deposito

Keuntungan

Bunga

Melakukan deposito memang akan dikenakan bunga. Bunga pada deposito memang lebih tinggi daripada bunga-bunga lainnya akan tetapi bunga pada deposito lebih bersifat menguntungkan penggunanya. nasabah bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari deposito tersebut dengan jumlah bunga yang tinggi.

Tidak terpotong biaya administrasi

Selain mendapatkan bunga yang tinggi, nasabah juga mendapatkan keuntungan lainnya yaitu pengeluaran yang tidak terlalu banyak karena dalam melakukan deposito, nasabah tidak akan dikenakan biaya administrasi seperti pada transaksi-transaksi lainnya yang ada di bank. Menggunakan deposito, nasabah tidak akan membayar biaya administrasi.

Keamanan

Selain dua keuntungan di atas, nasabah juga bisa mendapatkan keuntungan yang lain yaitu investasi yang dilakukan menggunakan deposito lebih aman. Biasanya investasi yang dilakukan mandiri atau sendiri tanpa menggunakan deposito bank, rawan terjadi pencurian atau bahkan digunakan oleh diri sendiri. Apabila menggunakan deposito, kemanan tebih terjamin. Hal tersebut dikarenakan deposito nasabah telah diamankan dan dilindungi oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Bagaiman jika bank mengalami kebangkrutan? Meskipun hal tersebut terjadi, deposito nasabah tetap terjamin keamanannya dengan jumlah saldo yang tetap juga.

Jangka waktu

Pada layanan deposito nasabah juga mendapatkan keuntungan lain berupa jangka waktu. Pada layanan ini, nasabah akan dibebaskan dalam menentukan jangka waktu sampai paling lama adalah 36 bulan. Dengan adanya jangka waktu yang ditentukan maka bunga yang diberikan juga semakin berbeda. Apabila jangka waktu pendek maka bunga yang diberikan juga sedikit dan apabila nasahab memilih jangka waktu yang lama maka bunga juga akan semakin banyak.

Stabil

Selain aman, nasabah juga mendapatkan layanan yang menguntungkan menggunakan deposito. Jika melakukan penyimpanan menggunakan deposito nasabah akan mendapatkan layanan pengelolaan deposito yang lebih terpercaya dan teratur serta tidak mengalami perubahan mendadak. Hal tersebut akan berbeda dengan pasar saham karena harga yang diberikan bisa berubah sewaktu-waktu.

Mudah dalam akses bunga

Nasabah deposito mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan bunga serta pengambilan bunga yang didapatkan dari deposito tersebut. nasabah bisa mengmbil bunga tersebut melalui rekening yang sudah disepakati.

Persyaratan yang mudah

Menggunakan deposito memang menjadi banyak pilihan banyak orang salah satunya dikarenakan persyaratan deposito yang cukup mudah. Calon nasabah hanya perlu mempersiapkan barang-barang berupa kartu identitas seperti KTP/KTM/SIM atau paspor, menyiapkan kartu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), nasabah juga harus memiliki kartu rekening pada bank yang akan dijadikan tempat untuk melakukan deposito. Setelah barang-barang tersebut sudah disiapkan, calon nasabah hanya perlu mengisi formulir yang sudah disediakan kemudian memberikan dana minimal atau saldo untuk membuka rekening pengguna. Saldo yang digunakan tiap bank memang berbeda-beda jadi usahakan membawa uang lebih dari 100.000 untuk berjaga-jaga.

Kelemahan

Berikut ini adalah beberapa kelemahan deposito :

Nilai Investasi

Maksud kerugian atau kelemahan yang pertama adalah nilai investasi yang tidak akan bertambah. Jika nasabah memberikan deposito sejumlah 40 juta, maka investasi tersebut tetap bernilai 40 juta. Hal tersebut dikarenakan nasabah tidak turun dalam pengelolaan dana investasi melainkan dikelola oleh pihak bank.

Tidak ikut serta

Berhubungan dengan kerugian di atas, nasabah tidak akan ikut serta atau turun langsung dalam pengelolaan dana sehingga hanya pihak bank yang mengetahui segala proses pengelolaan deposito.

Biaya akhir

Nasabah akan dikenakan tariff akhir untuk dana deposito yang dimiliki. Sebenarnya tidak semua bank menerapkan sistem ini tetapi beberapa bank yang ada di Indonesia terdapat denda akhir kepada nasabah deposito.

Pajak

Nasabah yang melakukan deposito juga akan dikenakan tariff pajak. Hal tersebut dikarekana deposito memiliki bunga untuk nasabahnya. Pajak yang diberikan untuk nasabah biasanya adalah sebesar 20 % sesuai dengan berapa banyak bunga deposito yang dimiliki. Pajak biasanya sudah ditentukan oleh pihak bank.

Inflasi

Selain itu, nasabah juga akan mendapatkan inflasi yang cukup karena nilai bunga yang tinggi tidak akan mempengaruhi inflasi yang terjadi. Hal tersebut tidak akan mempengaruhi jumlah keuntungan deposito yang dimiliki.

Itulah beberapa keuntungan dan kelemahan deposito. Semoga bermanfaat.

Tags :

No comment for Keuntungan dan Kelemahan Deposito

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Keuntungan dan Kelemahan Deposito

Jenis Asuransi Jiwa Untuk Karyawan Ini Harus Anda Tahu

Posted at November 5, 2019

Jurnal Indonesia – Asuransi jiwa memang menjadi salah satu bentuk perlindungan atas seseorang dari kerugian finansial tak terduga akibat kematian, usia tidak produktif atau... Read More

Daftar Deposito Bank Terbaik di Indonesia

Posted at November 1, 2019

Jurnal Indonesia – Berikut ini adalah beberapa daftar deposito bank terbaik yang ada di Indonesia: Daftar Deposito Bank Terbaik di Indonesia Permata Bank Permata... Read More

Ketentuan Asuransi Dana Pensiun 1 Milyar yang Bisa Anda Coba

Posted at October 23, 2019

“Apakah masa depan saya masih panjang?” “Apakah masa depan perlu dipersiapkan?”, “Ah, saya kan sudah punya bisnis buat masa depan” Jurnal Inonesia – Banyak... Read More

Cara Menabung Untuk PNS

Posted at October 21, 2019

Jurnal Indonesia – Menyandang status sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil atau biasa disingkat dengan PNS bukan berarti menjadikan kita untuk tidak memiliki tabungan atau... Read More

Mengenal Jenis Asuransi Kendaraan yang Bisa Dimanfaatkan

Posted at October 21, 2019

Jurnal Indonesia – Asuransi memang menjadi salah satu produk perlindungan terbaik saat ini yang paling banyak digunakan. Saking potensialnya asuransi di Indonesia sendiri sudah... Read More

"Kabarin News - Berita Terkini Indonesia

Disclaimer - Privacy Policy - Terms of Service - Contact Us