HOME
Home » Keuangan » Hal yang Harus Diperhatikan ketika Membuka Deposito

Hal yang Harus Diperhatikan ketika Membuka Deposito

Posted at October 15th, 2019 | Categorised in Keuangan

Jurnal Indonesia – Deposito memang menjadi pilihan banyak orang karena memiliki banyak keuntungan yang didapatkan. Salah satunya adalah keamanan. Melakukan investasi melalui deposito memang banyak dipilih karena lebih aman jika dibandingkan dengan melakukan investasi secara mandiri.

Dengan menggunakan deposito tingkat keamanan lebih terjamin karena sudah dikelola oleh pihak bank dan juga berpengalaman. Bagi nasabah yang belum pernah melakukan deposito lebih baik memperhatikan hal-hal di bawah ini agar bisa membuka deposito lebih nyaman karena sudah mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan ketika membuka deposito berikut ini.

Hal yang Harus Diperhatikan ketika Membuka Deposito

Jenis-Jenis deposito

Sebelum membuka deposito, calon nasabah terlebih dahulu harus mengetahui macam-macam atu jenis deposito. Berikut ini adalah jenis-jenis deposto.

Sertifikat Deposito

Sertifikat deposito adalah sertifikat yang diberikan kepada nasabah yang memilih jangka waktu deposito selama 3, 6 atau 12 bulan. Keuntungan jenis deposito ini adalah sertifikat bisa dijual sehingga lebih banyak hasil yang didapatkan sesuai dengan penjualan tersebut. selain itu, bunga yang terdapat pada sertfikat deposito bisa dicairkan setiap bulan atau setiap terjadi jatuh tempo dan bisa dilakukan secara langsung atau tatap muka.

Deposito On Call

Deposito ini adalah jenis deposito yang memiliki jangka waktu paling sedikit adalah tujuh hari dan memiliki jangka waktu maksimal selama tiga puluh hari saja atau satu bulan. Deposito on call ini memiliki jumlah yang besar dan sudah diatasnamakan nasabah. Selain itu, bunga yang ditentukan bisa dilakukan dengan negoisasi antara pihak bank dan nasabah pada awal membuka deposito. Pencairan bunga bisa dilakukan kapan saja tetapi nasabah harus terlebih dahulu memberitahu kepada pihak bank akan mengambil bunga tersebut.

Deposito berjangka

Jenis deposito ini adalah jenis deposito yang banyak dipilih para nasabah yang menggunakan deposito untuk melakukan investasi. Biasanya deposito berjangka dalam kurun waktu yang diterapkan atau yang disajikan kepada calon nasabah adalah jangka waktu dari 1, 2, 3, 6,12,18, dan bisa sampai 24 bulan bahkan bisa lebih lama daripada 24 bulan. Jangka waktu dan tanggal jatuh tempo biasanya dilakukan atas kesepakatan antara nasabah dan pihak bank tersebut. hal tersebut dikarenakan uang hanya bisa diambil pada saat sudah jatuh tempo.

Tempat

Calon nasabah harus menentukan di mana akan melakukan deposito. Hal tersebut menjadi penting karena setiap bank atau tempat daposito memiliki layanan dan sistem yang berbeda-beda. nasabah harus mengetahui terlebih dahulu mengetahui tingkat keamanan bank tersebut, layanan yang diberikan, reputasi bank apakah pernah melakukan tindak yang tidak benar atau memang benar-benar terpercaya.

Calon nasabah harus benar-benar mengetahui hal meliputi tempat yang akan dijadikan penyimpanan investasi pengguna. Dalam hal ini, calon nasabah bisa mencari tahu melalui internet, teman-teman yang sudah pernah menggunakan deposito di bank terkait atau melalui brosur-brosur layanan bank tersebut yang sudah disebarkan.

Pajak

Calon nasabah juga harus mengetahui pajak yang ada di setiap bank. Hal tersebut dikarekan agar calon nasabah mengetahui pengeluaran yang digunakan untuk melakukan deposito. Biasanya pajak yang dikenakan tergantung jumlah bunga yang ada pada bank tersebut.

Jangka waktu

Selain itu, calon nasabah juga harus memilih jangka waktu yang diterapkan bank. Setiap bank memiliki jangka waktu yang berbeda-beda. Calon nasabah juga harus mempertimbangkan jangka waktu karena biasanya berpengaruh kepada bunga yang ada pada bank-bank tertentu dan hal tersebut juga mempengaruhi seberapa besar pajak yang dipasang.

Bunga

Bunga yang diterapkan pada bank-bank tertentu memang berbeda-beda sheingga calon nasabah juga harus perlu mengetahui seberapa besar bunga yang akan diberikan. Hal ini menjadi penting karena semakin besar bunga juga tidak akan memperngaruhi hasil yang didapatkan oleh nasabah.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui sebelum membuka deposito. Semoga bermanfaat.  

No comment for Hal yang Harus Diperhatikan ketika Membuka Deposito

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Hal yang Harus Diperhatikan ketika Membuka Deposito

Cara Mendapatkan dan Memperpanjang Sertifikat Elektronik Pajak

Posted at November 2, 2019

Jurnal Indonesia – Sertifikat Elektronik Pajak adalah salah satu jenis sertifikat yang memuat tanda tangan dan identitas elektronik yang sah untuk menunjukan status hukum... Read More

Apakah Deposito Dikenakan Pajak Bunga?

Posted at October 31, 2019

Jurnal Indonesia – Melakukan deposito memang akan dikenakan bunga. Bunga pada deposito memang lebih tinggi daripada bunga-bunga lainnya akan tetapi bunga pada deposito lebih... Read More

Cara Daftar, Aktivasi dan Menggunakan BRI Mobile

Posted at October 30, 2019

Jurnal Indonesia – Semakin berkembang nya jaman, semakin canggih pula teknologi yang di kembangkan. Sekarang semua bisa kamu lakukan hanya dari genggaman tangan. Mulai... Read More

Cara Mempersiapkan Dana Pengeluaran Darurat Dan Investasi

Posted at October 29, 2019

Jurnal Indonesia – Sebenarnya kita bebas untuk menggunakan uang tabungan sebagai dana pengeluaran darurat atau malah memisahkan sendiri antara uang tabungan dengan uang yang... Read More

Cara Membuat Rekening Bank Secara Online

Posted at October 28, 2019

Jurnal Indonesia – Perkembangan zaman dengan berbagai kecanggihan teknologi nya bertujuan untuk memudahkan semua urusan umat manusia. Siapa sangka, di jaman sekarang, apakah bisa... Read More

"Kabarin News - Berita Terkini Indonesia

Disclaimer - Privacy Policy - Terms of Service - Contact Us