HOME
Home » Keuangan » Cara Mempersiapkan Dana Pengeluaran Darurat Dan Investasi

Cara Mempersiapkan Dana Pengeluaran Darurat Dan Investasi

Posted at October 29th, 2019 | Categorised in Keuangan

Jurnal Indonesia – Sebenarnya kita bebas untuk menggunakan uang tabungan sebagai dana pengeluaran darurat atau malah memisahkan sendiri antara uang tabungan dengan uang yang digunakan untuk mempersiapkan dana pengeluaran darurat.

Ada sebagian orang yang memang menggunakan uang tabungan sekaligus juga sebagai uang untuk persiapn dana pengeluaran darurat, namun ada juga yang memang memisahkannya masing-masing, tergantung seberapa besar gaji yang dimilikinya serta berapa banyak kebutuhan hidup yang diperlukannya untuk sehari-hari.

Cara Mempersiapkan Dana Pengeluaran Darurat Dan Investasi

Berikut akan dijelaskan beberapa cara yang dapat digunakan untuk mempersiapkan dana pengeluaran darurat serta investasi:

Sisihkanlah uang gaji untuk menabung

Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian uang dari hasil gajian kita setiap bulannya untuk mengisi tabungan. Lakukanlah secara teratur setiap bulannya setiap kita menerima uang gajian, jangan sampai sekali atau dua kali pun melewatkan momen ini. ingat pepatah yang mengatakan sedikit-sedikit lama-lama akan menjadi bukit. Begitupun dengan uang tabungan kita, jika kita rajin menabung meskipun dengan nominal yang sedikit maka lama kelamaan akan menjadi banyak jumlahnya.

Mulai berinvestasi

Jika kita mau kita dapat menggunakan uang yang sudah kita tabung untuk melakukan investasi. Tujuannya adalah agar di kemudian hari kita tinggal menikmati hasil dari investasi yang sudah kita lakukan di masa muda ini. Ada banyak sekali cara yang dapat kita pilih untuk melakukan investasi. Sebaiknya pilih jenis investasi yang nyata memiliki peluang untuk memberikan keuntungan yang maksimal namun tetap aman bagi diri kita.

Lebih memprioritaskan untuk investasi serta menabung

Jika uang gajian sudah didapatkan alangkah baiknya untuk langsung menyisihkan untuk keperluan tabungan atau investasi. Hal ini karena dikhawatirkan kita akan menjadi konsumtif saat mengetahui bahwa kita memiliki sisa uang tunai sebelum ditabungkan.

Gunakanlah asuransi

Nah fungsi dari asuransi di sini adalah sebagai penjamin yang menjamin hidup kita saat tua nanti. Ada banyak sekali asuransi baik nasional maupun swasta yang dapat kita pilih sesuai dengan keadaan serta kemampuan kita masing-masing. Hal ini karena kita tidak akan pernah tahu hal apa yang mungkin bisa saja terjadi saat hari tua nanti, dengan adanya asuransi ini istilahnya kita sudah sedia payung sebelum hujan. Dengan adanya asuransi kehidupan kita juga akan jauh terasalebih nyaman serta aman.

Pisahkanlah antara uang tabungan ke dalam suatu rekening khusus

Hal ini dimaksudkan agar tidak saling tercampur antara uang tabungan dengan uang-uang yang digunakan untuk yang lainnya. Caranya yaitu dengan sesegera mungkin memisahkan uang tabungan saat kita menerima gaji, sehingga kita tidak ada alasan untuk menggunakan uang yang seharusnya dianggarkan untuk menabung dengan berbagai alasan.

Menyusun anggaran keuangan yang ketat

Susunlah semua anggaran yang dibutuhkan dengan tepat dan benar. Pilah dan pilihlah mana yang menjadi prioritas utama serta mana yang tidak menjadi prioritas. Yang tidak menjadi prioritas di sini artinya adalah yang tidak akan menggangu kehidupan kita jika kita belum bisa menyukupinya sekarang, dalam artian masih bisa di sela dulu. Ketahuilah bahwa keuangan yang sehat sejatinya didukung dengan anggaran yang efektif juga. Satu hal yang wajib di ingat adalah kita juga harus memasukkan poin tabungan tetap setiap bulannya, minimal jumlahnya 10% dari gaji yang diperoleh.

Membatasi pengeluaran yang kurang penting

Bedakan antara kebutuhan dengan keinginan. Nah satu hal yang harus diprioritaskan sudah pasti adalah kebutuhan. Karena jika kita selalu mengutamakan keinginan maka sudah pasti kita tidak akan mampu untuk menabung. Bukan cukup yang didapat jika menuruti keinginan tapi justru malah kurang kurang dan kurang. Selalu ingat bahwasannya keinginan belum tentu menjadi sesuatu yang kita butuhkan.

Demikianlah cara yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan dana pengeluaran darurat serta investasi.. 

No comment for Cara Mempersiapkan Dana Pengeluaran Darurat Dan Investasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Cara Mempersiapkan Dana Pengeluaran Darurat Dan Investasi

Cara Mendapatkan dan Memperpanjang Sertifikat Elektronik Pajak

Posted at November 2, 2019

Jurnal Indonesia – Sertifikat Elektronik Pajak adalah salah satu jenis sertifikat yang memuat tanda tangan dan identitas elektronik yang sah untuk menunjukan status hukum... Read More

Apakah Deposito Dikenakan Pajak Bunga?

Posted at October 31, 2019

Jurnal Indonesia – Melakukan deposito memang akan dikenakan bunga. Bunga pada deposito memang lebih tinggi daripada bunga-bunga lainnya akan tetapi bunga pada deposito lebih... Read More

Cara Daftar, Aktivasi dan Menggunakan BRI Mobile

Posted at October 30, 2019

Jurnal Indonesia – Semakin berkembang nya jaman, semakin canggih pula teknologi yang di kembangkan. Sekarang semua bisa kamu lakukan hanya dari genggaman tangan. Mulai... Read More

Cara Membuat Rekening Bank Secara Online

Posted at October 28, 2019

Jurnal Indonesia – Perkembangan zaman dengan berbagai kecanggihan teknologi nya bertujuan untuk memudahkan semua urusan umat manusia. Siapa sangka, di jaman sekarang, apakah bisa... Read More

Risiko Deposito dicairkan sebelum jatuh tempo

Posted at October 28, 2019

Jurnal Indonesia – Biasanya nasabah akan mengambil dana yang telah diinvestasikan sebelum jatuh tempo. Hal tersebut bisa saja terjadi dikarenakan situasi yang mendesak, atau... Read More

"Kabarin News - Berita Terkini Indonesia

Disclaimer - Privacy Policy - Terms of Service - Contact Us